Nagari To-lang Po-hwang Nagari Toho Asal Mulano Lappung

Selasa, 13 Maret 2012

KAMPUNG SUKA BHAKTI

Balai Kampung Suka Bhakti

Kampung Suka Bhakti merupakan Kampung yang terletak di Kecamatan Gedung Aji Baru, Kabupaten  Tulang Bawang, Prvinsi Lampung. Kampung ini berada ditepian jalan lintas Rawa Jitu. Batas wilayahnya terdiri dari sebelah timur berbatasan dengan Kampung  Wono Agung, selatan berbatasan dengan Kampung Batu Ampar, sebelah  barat  berbatasan dengan Kampung Mesir Dwi Jaya, sedangkan sebelah utara berbatasan dengan Kampung Sidang Gunung Tiga, Kabupaten Mesuji.

KAMPUNG SUKA BHAKTI MEMILIKI APARATUR KAMPUNG YANG TERDIRI DARI:

1.       KEPALA KAMPUNG
2.       CARIK
3.       BPK
4.       KAUR (PEMERINTAHAN, UMUM, DAN PEMBANGUNAN)
5.       KETUA RK
6.       KETUA RT
7.       PKK
8.       KARANG TARUNA

FASILITAS UMUM:

1.       BALAI KAMPUNG DENGAN LUAS TANAH 50 X 25 M2
2.       LAPANGAN 150 X 100 M2
3.       PASAR DENGAN LUAS 1000 M2
4.       MAKAM 1000 M2
5.       MASJID Agung 3 BUAH
6.       GEREJA
7.       PURE
8.       KANTROR TPK
9.       KOPRASI

Pasar Suka Bhakti

Lapangan Suka Bhakti, Telihat Para Pemuda sedang Latihan Sepak Bola

Masjid Agung Suka Bhakti sedang direnofasi

Pure Suka Bhakti


Pendidikan Kampung Suka Bhakti tergolong sangat maju jika dibandingkan dengan Kampung sekitar kawasan Penawar Tama, Gedung Aji Baru dan Rawa Jitu, semua itu dapat terlihat dari banyaknya jumlah fasilitas pendidikan yang tersedia  mulai dari TK hingga tingkat SMA meski fasilitas penunjang pendidikanya masi cukup memprihatinkan, ketersediaan tenaga pengajar pun cukup banyak mungkin karena lokasinya strategis sehingga banyak masyarakat yang ingin berdiam disitu. 

ADAPUN FASILITAS PENDIDIKANNYA YAITU :

1.       PAUD KASIH IBU
2.       TK BAHRUL ULUM
3.       TK PUTRA BHAKTI
4.       TK ABA
5.       SD N 1 SUKA BHAKTI
6.       SD N 2 SUKA BHAKTI/SDN 1 SUKA JAYA
7.       SD N 3 SUKA BHAKTI
8.       SMP N 1 GEDUNG AJI BARU
9.       SMP ISLAM BAHRUL ULUM
10.   SMA ESA KENCANA

Tingkat perekonmian masyarakat Kampung ini dinilai masih cukup rendah namun bebrapa tahun belakangan berangsur-angsur membaik, adapun aktifitas kerja yang lakukan oleh masyarakat cukup beragam ada sebagai pedagang, petani, guru, pencetak batu bata, serta wira usaha, dan petani walet. Ada pun jika ditinjau dari tingkat RK, RK I mayoritas masyarakatnya memiliki usaha pencetak batu bata dan petani singkng, RK II mayritas masyarakatnya sebagai pedagang dan wiraswasta, sedangkan RK III dan RK IV mayritas masyarakatnya bekerja sebagai petani sawit/karet. Untuk petani burung walet menyebar dari RK I hingga RK IV.
Prestasi  yang di proleh kampung ini cukup membanggakan karena merupakan kampung terbaik ke 2 di tingkat kabupaten tulang bawang, dan hampir selama 10 tahun selalu mendapatkan juara pertama lomba tumpeng dan jajanan pasar tingkat kecamatan, bahkan kabupaten. untuk prestasi dibidang olah raga yaitu lebih menonjol dibidang voly ball dan sepak bola.

Narasumber : IMRON RAIS (Kepala Kampung Suka Bhakti)

Oleh : Ismu Athoillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar