Nagari To-lang Po-hwang Nagari Toho Asal Mulano Lappung

Selasa, 15 November 2011

Trans-Bandar Lampung Serap 1.500 Pengangguran








gambar promosi budaya lewat body mobil seperti ini sangat efektif dan bisa mencakup semua kalangan

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Keberadaan bus rapid transit (BRT) Trans-Bandar Lampung membawa peluang kerja bagi masyarakat setempat. Operasional kendaraan pengurai kemacetan itu mampu menyerap 1.500 penganggur di Bandar Lampung.




Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. mengatakan sebagai langkah awal pengoperasian pihaknya akan merekrut pekerja. Setidaknya, kata dia, sebanyak 1.500 orang yang belum memiliki pekerjaan dapat mendukung pengoperasian BRT.

"Setidaknya 1.500 pengangguran dapat terserap untuk bidang transportasi BRT ini. Sehingga masyarakat Bandar Lampung, khususnya sopir angkot dan PO, tidak perlu khawatir mengenai mata pencahariannya hilang dengan beroperasinya BRT," kata Herman di sela-sela peninjauan bukit-bukit di Panjang, Selasa (15-11).

Direktur SDM Konsorsium BRT Trans-Bandar Lampung Benny H.N. Mansyur mengatakan pihaknya membuka kesempatan bagi 2.053 warga untuk bergabung dalam pengoperasian BRT.

Jumlah tersebut akan ditempatkan pada posisi pramudi, kondektur, ticketing, staf administrasi, dan staf accounting. Sehingga dari total 2.053 orang yang dibutuhkan, tentu akan terserap 1.500 penganggur di luar sopir angkot dan PO.

Menurut Benny, masyarakat dapat mengajukan lamaran yang disertai dengan beberapa persyaratan dalam tes administrasi, antara lain pramudi harus memiliki SIM B-1 Umum dan pengalaman minimal dua tahun. Menurut Benny, setelah memenuhi persyaratan dalam tes adminsitrasi, khusus untuk pramudi dan kondektur akan menjalani tes pengetahuan. Tes hasil kerja sama dengan Satlantas Polresta Bandar Lampung dan Dinas Perhubungan dibagi dalam dua tahap, yaitu tertulis dan praktek. Kemudian, setelah dinyatakan lulus tes pengetahuan, diwajibkan untuk mengikuti tes kesehatan. Terakhir adalah training dan uji coba lapangan.

Berbeda dengan tenaga lainnya, kata dia, tenaga ticketing, staf accounting hanya akan mengikuti tes administrasi, dan seleksi tertulis.

Benny mengungkapkan lamaran dapat langsung dikirim ke Konsorsium BRT Trans-Bandar Lampung, Jalan Z.A. Pagaralam (Terminal Induk Rajabasa) No.1-a, Bandar Lampung. Selain juga dapat mengirim e-mail ke TRANSBANDARLAMPUNG@yahoo.co.idThis e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it .

Sebelumnya, Pemkot Bandar Lampung memberi kemudahan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) B1 umum bagi sopir angkot yang ingin menjadi sopir BRT.

"Kami berani membantunya. Untuk itu, kami bekerja sama dengan Polresta Bandar Lampung dalam pembuatan SIM B1 Umum bagi sopir BRT," kata Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N., Senin (14-11). (VER/K-2)

Sumber : http://www.lampungpost.com/bandar-lampung/15639-trans-bandar-lampung-serap-1500-penganggur.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar